Tuesday , 16 January 2018
dos 3

Disperinnaker dan SMK N 2 Bojonegoro Kerjasama Dukung Inovasi Alsintan

“Mohon izin sebelumnya Bapak Kepala Sekolah, setelah kami terima mesin ini, bolehkah kami ‘reverse’ untuk dilakukan penyempurnaan ?”

“Silahkan, Pak”.

Nukilan dialog antara  Arifin, SE selaku Kabid Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, Tekstil dan Aneka Kerajinan Dinas Perinnaker Kab Tegal dengan Kepala Sekolah SMK N 2 Bojonegoro, Drs.Mohamad Akhiyar, M.Mpd itu terjadi saat acara serah terima mesin pemotong padi, Dos Jenegoro 90, di aula gedung pertemuan LIK Takaru Tegal, kamis, 7 September 2017.

Hari itu, SMK N 2 Bojonegoro menyerahkan ‘DOS Jenegoro 90’, sebuah mesin hasil karya inovasi salah satu sekolah unggulan di Jawa Timur itu kepada Dinas Perinnaker Kab.Tegal, sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang telah disepakati oleh keduanya.

Ide kerjasama tersebut tak muncul tiba-tiba. Dinas Perinnaker Kab.Tegal sebelumnya berinisiatif ingin membuat rekayasa teknologi tepat guna mesin pemanen padi mini yang bisa terjangkau oleh petani melalui kegiatan pengembangan sistem inovasi teknologi industri. Di sisi lain, ternyata SMK N 2 Bojonegoro, telah berhasil terlebih dahulu merakit prototype mesin pemanen padi mini yang bisa mengkombinasikan mekanik alat pemotong, pemisah dan motor penggerak.

Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan bisa mendorong dan membuka peluang bagi IKM Logam Kabupaten Tegal, khususnya IKM produsen alat mesin pertanian (Alsintan), untuk turut serta berinovasi mengembangkan mesin pemanen padi mini yang termasuk sebagai teknologi baru.

Sementara bagi SMK 2 Bojonegoro, hal ini menjadi pemacu semangat dan pembuka wawasan bahwa Kabupaten Tegal bisa menjadi salah satu alternatif tempat pelaksanaan praktek kerja industri bagi peserta didiknya.
DOS 2DOS 1

About Ovi Utami

BIDANG PENEMPATAN DAN PELATIHAN TENAGA KERJA MELIPUTI PELAYANAN AK.1 (KARTU KUNING), INFO LOWONGAN KERJA, REKOM PASPOR DAN LAPORAN PENEMPATAN SERTA PELATIHAN GRATIS.

BACA JUGA

080717_0900_WAKTUPELAYA1.jpg

Rekom paspor

PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA Jalan Dr. Sutomo No. 12 Telp./Fax (0283) ...

Leave a Reply