Wednesday , 13 December 2017
IMG-20170829-WA0013

Desa Wisata Guci gandeng Disperinnaker Kab.Tegal gelar pelatihan aneka ketrampilan

“Yen bisa tah, wong lunga nang Guci balike nggawa  oleh – oleh sing akeh, jajanan apa kerajinan .. ora mung
maning maning nggawa waluh (labu) ” ucap Bpk. Ir. Bambang Susanto, MM , Kepala Dinas Perinnaker  Kab.Tegal.

Mendengar celetukan Pak Bambang, seketika seisi ruangan aula Balai Desa Guci ramai dengan tawa  renyah, termasuk Camat Bumijawa dan Kepala Desa Guci.

“Harapan saya, Desa Wisata Guci bisa mengikuti jejak desa wisata yang sudah lebih maju dalam pengelolaannya, seperti Desa Ponggok di Klaten ” Camat Bumijawa, Bpk. Ahmad Susyanto, menambahkan.

Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Guci pada  hari itu memang sungguh luar biasa.  Selama 3 hari ( 28 – 30 Agustus 2017), Desa Wisata Guci berinisiatif  menggelar pelatihan bagi warganya.

Sementara itu, Kepala Desa Guci, Susyanto, mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sekitar 30 orang. Tujuan kegiatan ini ialah ingin menggali potensi dan memberdayakan warga masyarakat yang terkenal sebagai destinasi wisata andalan di Kabupaten Tegal.

Saat berlangsungnya pelatihan, salah seorang instruktur, Laely Nersi , menuturkan bahwa potensi guci sebagai destinasi wisata unggulan Kabupaten Tegal, mesti didukung dengan ketrampilan dan kreatifitas warganya. Dengan lebih kreatif, peluang peluang ekonomi bisa dimaksimalkan, sehingga perekonomian desa bisa turut terangkat.

“Jajan manisan ini. Coba saja kalau dikemas dengan  cantik, harga jualnya pasti lebih tinggi daripada dijual dengan kemasan seadanya. Apalagi segmen pasar disini sudah jelas : wisatawan, bukan orang biasa ” tutur  Laely.

Selain belajar membuat kemasan makanan ,warga Desa Wisata Guci juga dilatih ketrampilan membuat hantaran pernikahan (seserahan) dan aneka olahan makanan (boga) , serta pelatihan perbengkelan sepeda motor yang digelar bersamaan.

Di penghujung kegiatan, segenap warga yang mengikuti pelatihan ini sepakat untuk membentuk kelompok ‘Guci Kita’ sebagai wadah pelaku usaha kecil di Desa Guci sehingga bisa  dilakukan pembinaan yang berkelanjutan.

IMG-20170828-WA0015  IMG-20170828-WA0014 P_20170829_121045 new

About Ovi Utami

BIDANG PENEMPATAN DAN PELATIHAN TENAGA KERJA MELIPUTI PELAYANAN AK.1 (KARTU KUNING), INFO LOWONGAN KERJA, REKOM PASPOR DAN LAPORAN PENEMPATAN SERTA PELATIHAN GRATIS.

BACA JUGA

080717_0900_WAKTUPELAYA1.jpg

Rekom paspor

PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA Jalan Dr. Sutomo No. 12 Telp./Fax (0283) ...

Leave a Reply