Sunday , 25 February 2018
Finishing : Salah satu karyawan CV Rejeki Abadi Makmur sedang melakukan finishing terhadap salah satu produk pesanan pelanggan.
Finishing : Salah satu karyawan CV Rejeki Abadi Makmur sedang melakukan finishing terhadap salah satu produk pesanan pelanggan.

IKM LOGAM PASOK KOMPONEN UNTUK PERUSAHAAN AUSTRIA

Slawi – Produk-produk IKM logam Kabupaten Tegal tidak hanya beredar di pasaran lokal, tetapi juga telah dipakai oleh perusahaan-perusaahan asing yang berada di Indonesia. Salah satu perusahaan asing yang memanfaatkan produk IKM logam Kabupaten Tegal adalah PT. Wagner biro Indonesia yang berasal dari Austria. Perusahaan ini bergerak di bidang infrastruktur berupa pembuatan jembatan. IKM logam yang memasok komponen untuk PT. Wagner adalah CV. Rejeki Abadi Makmur (RAM), Tarub.

Direktur CV. Rejeki Abadi Makmur, Aran Pusponegoro, beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa perusahaannya sudah tiga tahun terakhir memasok komponen ke PT. Wagner. “Kami memasok komponen berupa drive pin untuk pemasangan jembatan. Dan memang drive pin yang dipasok ke PT. Wagner memiliki spesifikasi khusus, bahan baku berupa baja dengan kekerasan antara 40 – 45 HR.” ujarnya.
Selama ini pasokan drive pin ke PT. Wagner sekitar 700 – 2.400 pcs per bulan. “Jadi CV. RAM saat ini tetap melakukan produksi untuk memasok komponen ke PT. Wagner.” ujarnya lebih lanjut. CV RAM juga memasok komponen untuk PT. Golden Jakarta. CV. RAM menyuplai beberapa komponen seperti cutting wheel, stamper, dan beberapa komponen lain. Selama ini produk-produk PT. Golden Jakarta berorientasi ekspor.
Selain memasok komponen untuk PT. Wagner dan PT Golden Jakarta, CV. RAM melakukan diversifikasi pasar yaitu menjalin kerjasama dengan Rahayu Sentosa Grup, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang karoseri mobil. Komponen yang dipasok adalah pin shaft.
“Intinya kami melakukan diversifikasi pasar dan bukan diversifikasi produk karena produk yang kami pasok semuanya berupa pin. Walaupun menurut kebanyakan orang diversifikasi produk lebih mudah daripada pasar. Dan keuntungannya seperti saat ini, karena kami tidak tergantung pada order satu perusahaan, produksi kami tetap lancar walaupun yang lain terkena imbas krisis global.” tuturnya. (Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

BACA JUGA

Menuang Logam Cair: Perajin logam di Kabupaten Tegal menuang logam cair untuk dibentuk.

PERAJIN LOGAM MASIH ANDALKAN SCRAP

Slawi – Pengecoran logam yang dilakukan oleh para perajin di Kabupaten Tegal sebagian besar masih ...

Leave a Reply