Monday , 19 November 2018
Pemasangan petunjuk sentra : Salah satu penunjuk arah sentra industri kecil dipasang di daerah Brug Abang.
Pemasangan petunjuk sentra : Salah satu penunjuk arah sentra industri kecil dipasang di daerah Brug Abang.

PETUNJUK SENTRA INDUSTRI DIPASANG

Slawi – Untuk lebih mengenalkan dan membantu memudahkan pencarian sentra-sentra industri kecil di Kabupaten Tegal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengadakan kegiatan pemasangan papan penunjuk sentra. Diharapkan dari kegiatan ini, sentra-sentra industri kecil yang selama ini belum dikenal publik secara luas akan terangkat ke permukaan dan menunjang promosi dan pemasaran produk-produk industri kecil.
Fatkhuri, pejabat pengadaan kegiatan pemasangan papan penunjuk sentra, Senin (9/11) mengatakan bahwa pemasangan papan penunjuk sentra industri kecil awalnya merupakan masukan dari Bupati Enthus Susmono yang menginginkan orang-orang dari luar daerah mengetahui tempat-tempat yang menjadi sentra kerajinan dan industri kecil di Kabupaten Tegal sehingga perlu dipasang baliho atau penunjuk arah. Dinas Perindustrian dan Perdagangan sejatinya telah melakukan pemasangan papan penunjuk sentra beberapa tahun yang lalu. Namun saat ini kondisi beberapa papan penunjuk sentra yang ada dalam keadaan cukup memprihatinkan.
Lebih lanjut dikatakan oleh Fatkhuri, beberapa titik pemasangan papan penunjuk sentra industri kecil telah ditentukan. “Untuk saat ini, pemasangan papan penunjuk sentra dilakukan di tujuh titik. Tujuh titik tersebut adalah di depan Kodim Pagongan untuk sentra ATBM dan bordir, di perempatan Dukuhturi untuk sentra shuttlecock lawatan, di Brug Abang untuk sentra kerajinan batik, di Ujungrusi (Batalion 407) untuk sentra krupuk mie, di depan Toserba Basa untuk sentra konfeksi, di Bogares Kidul untuk sentra kacang asin, dan di Dukuh Salam untuk sentra kerajinan bambu,” ujarnya menjelaskan.
Salah satu asesor batik nasional, Rahayu Sulistiyowati, beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa dirinya sangat terkesan dengan batik-batik yang dibuat oleh pengrajin Kabupaten Tegal. Namun sayang, ketika mencari lokasi sentra industri batik tidak ada penunjuk arah sentra sehingga dirinya agak kesulitan ketika hendak berkunjung ke pengrajin. “Saya mendapat informasi, daerah yang menghasilkan batik di Kabupaten Tegal itu di Bengle, Langgen, dan Pasangan. Sepanjang perjalanan saya melihat-lihat barangkali ada penunjuk arah ke sentra batik, ternyata tidak ada. Ini sangat disayangkan karena ternyata batik Kabupaten Tegal itu kualitasnya luar biasa,” ujarnya bersemangat.
Diharapkan, dengan pemasangan papan penunjuk sentra industri kecil ini akan lebih mengangkat daerah tersebut dan yang lebih penting lagi kegiatan produksi dan pemasaran produk-produk industri kecil Kabupaten Tegal semakin meningkat dan memberi dampak positif bagi perekonomian warga masyarakat.
(Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

BACA JUGA

Training Management 5R dan LK3 di Kabupaten Tegal

    Slawi,30 Oktober 2018 Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Yayasan Dharma Bina Astra (YDBA) bersama Disperinnaker ...

Leave a Reply