Wednesday , 15 August 2018
Kemasan Menarik : Salah satu produk makanan hasil produksi IKM di Kabupaten Tegal dikemas dengan baik dan menarik.
Kemasan Menarik : Salah satu produk makanan hasil produksi IKM di Kabupaten Tegal dikemas dengan baik dan menarik.

PRODUK IKM HARUS DIKEMAS MENARIK

Slawi – Produk yang dihasilkan pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Tegal seharusnya dikemas dengan menarik dan diberi label. Hal itu dilakukan agar produk mereka mampu bersaing dengan produk dari daerah lain maupun produk dari luar negeri.
Kepala seksi logam, mesin, dan aneka Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tegal, Edy Suharno, beberapa waktu lalu, mengatakan semua produk yang dihasilkan oleh perajin di Kabupaten Tegal diminta sudah dikemas menarik. Jika produk sudah dikemas dengan baik dan benar, otomatis akan meningkatkan nilai jual.
Namun saat ini masih sedikit pelaku usaha di Kabupaten Tegal, baik yang bergerak dalam produksi makanan maupun nonmakanan yang menggunakan kemasan. Meski ada yang telah menggunakan kemasan, tetapi hanya seadanya, tidak mempertimbangkan keindahan maupun keunikannya.
“Apabila semua produk IKM di Kabupaten Tegal dikemas dalam kemasan yang unik dan menarik akan menimbulkan ketertarikan tersendiri dalam masyarakat. Saat ini perajin harus bisa memikirkan hal itu apabila ingin bersaing dengan daerah lain.” ungkapnya.

Menunjang Pemasaran
Dia menambahkan, hal terpenting dalam dalam dunia usaha yaitu kualitas produk yang dihasilkan harus sesuai dengan kebutuhan pasar. Mutu harus selalu ditingkatkan dan dijaga disertai dengan kemasan yang baik untuk menunjang pemasaran.
Menurut dia, orang akan tertarik dengan produk yang berkualitas dengan kemasan yang menarik, dibandingkan produk tanpa kemasan. Dalam melakukan pengemasan hasil produksi harus mempertimbangkan beberapa hal yakni kemasan yang memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan, kemasan yang dapat melaksanakan program pemasaran (identifikasi produk) serta kemasan untuk meningkatkan laba perusahaan.
Banyak konsumen memilih satu jenis produk setelah melihat kemasannya. Hal ini bisa terjadi jika kemasan tersebut menampilkan informasi yang cukup bagi calon pembeli serta memiliki desain yang menarik bagi pembeli.
“Faktor penting dalam mendesain kemasan yaitu mampu menarik calon pembeli, menampilkan produk yang siap jual dengan mencantumkan kadaluwarsa, informatif dan komunikatif, serta bentuk kemasan dan label.” terangnya. (Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

BACA JUGA

Menuang Logam Cair: Perajin logam di Kabupaten Tegal menuang logam cair untuk dibentuk.

PERAJIN LOGAM MASIH ANDALKAN SCRAP

Slawi – Pengecoran logam yang dilakukan oleh para perajin di Kabupaten Tegal sebagian besar masih ...

Leave a Reply