Saturday , 15 December 2018
Siap diangkut :  Beberapa mesin hasil inovasi pelaku industri kecil Kabupaten Tegal siap diberangkatkan ke PPI.
Siap diangkut : Beberapa mesin hasil inovasi pelaku industri kecil Kabupaten Tegal siap diberangkatkan ke PPI.

PAMERKAN PRODUK INOVASI TEGAL

Slawi – Beberapa mesin hasil inovasi pelaku industri logam Kabupaten Tegal akan dipamerkan pada Pameran Produk Inovasi (PPI) di Lawang Sewu Semarang, tanggal 24-26 Oktober mendatang. Pameran ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). Mesin tersebut merupakan teknologi tepat guna yang dibutuhkan masyarakat, industri kecil, maupun industri besar.

Kepala Bidang Litbang dan statistik Bappeda, Darmanto, Kamis (22/10), mengatakan mesin tepat guna yang akan dipamerakan berupa mesin pemarut dan pemeras santan dalam satu alat dan beberapa produk komponen kapal seperti jendela kotak dan jendela bulat. Produk tersebut merupakan hasil rekayasa teknologi yang dilakukan oleh pelaku industri logam di Kabupaten Tegal. Mesin hasil inovasi tersebut sebagian besar menggunakan komponen dalam negeri.
“Mesin yang diproduksi rata-rata menggunakan teknologi yang sederhana, sehingga mereka tidak kesulitan untuk membuatnya. Hanya memang perlu inovasi yang luar biasa untuk menghasilkan mesin pemarut sekaligus pemerah santan. Sebab selama ini kedua alat tersebut terpisah, tapi oleh pelaku industri logam Kabupaten Tegal mampu dibuat dalam satu alat. Pembuatan alat-alat tersebut cenderung mengikuti permintaan pasar dan dana yang dimiliki pemesan,” terangnya.
Dia menambahkan, berbagai macam produk inovasi masyarakat Kabupaten Tegal sering diikutsertakan dalam berbagai macam pameran, baik tingkat regional maupun nasional. Kegiatan semacam itu sangat membantu pelaku industri, karena bisa mendapatkan akses pasar baru.
Khusus untuk mesin hasil inovasi dari Kabupaten Tegal, harganya cukup terjangkau bagi pelaku industri kecil dan menengah. Dengan adanya produk inovasi yang harganya terjangkau, otomatis bisa menumbuhkan berbagai macam industri di Indonesia. (Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

Leave a Reply