Wednesday , 13 December 2017
Menyepuh Cincin : Salah seorang pengrajin kemasan sedang menyepuh cincin sebagai emban batu akik
Menyepuh Cincin : Salah seorang pengrajin kemasan sedang menyepuh cincin sebagai emban batu akik

BANGKITKAN KERAJINAN PERAK DAN TEMBAGA

Slawi – Desa Prupuk Selatan merupakan desa yang terletak di ujung selatan Kabupaten Tegal dan berbatasan dengan Kabupaten Brebes. Sudah sejak lama Desa Prupuk Selatan terkenal sebagai sentra kerajinan perak dan tembaga atau lebih familiar sebagai kerajinan kemasan. Sentra kerajinan kemasan Desa Prupuk Selatan terutama berada di Dukuh Taman Sari dan Dukuh Karanganyar.

Kepala Desa Prupuk Selatan, Istiqomah Pariyati, beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa kerajinan perak dan tembaga sempat menjadi primadona usaha masyarakat pada kurun tahun 1990-an. Namun dalam beberapa tahun terakhir usaha kerajinan kemasan mengalami masa surut dan banyak pengrajin yang beralih profesi. “Pemerintah desa berusaha membangkitkan lagi industri kerajinan kemasan agar pengrajin yang dulu beralih profesi pulang lagi ke desa,” ungkapnya.
Khambali salah satu pengrajin kemasan yang masih eksis mengatakan bahwa kendala yang dihadapi selama ini adalah masalah pemasaran dan banyaknya produk sejenis dari China dan Korea. “Produk kami selama ini kalah bersaing dari produk luar, sebab peralatan yang kami gunakan masih manual. Kami berharap agar ada perhatian dari berbagai pihak agar kerajinan kemasana di Desa Prupuk Selatan dapat bangkit lagi seperti dulu,” ujarnya. Dia juga mengungkapkan, selain order, produk-produk kerajinan kemasan yang dihasilkan juga dipasarkan ke daerah Jakarta, Cirebon, dan Indramayu. “Saat ini kami mulai mendapat perhatian dari pemerintah, khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Beberapa kali kami diikutkan pada pameran dan promosi produk. Tapi kami juga mengharapkan ada bantuan alat sehingga produk kami dapat bersaing dengan produk dari luar,” harap Khambali. (Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

BACA JUGA

Spanduk potensi : Salah seorang perangkat Desa Dukuh Tengah menunjukkan spanduk potensi Margasari sebagai penghasil batu alam

MARGASARI HASILKAN BATU ALAM BERKUALITAS

Slawi – Kerajinan batu akik sempat menjadi primadona usaha beberapa waktu lalu. Hampir semua kalangan ...

Leave a Reply