Wednesday , 13 December 2017
Spanduk potensi : Salah seorang perangkat Desa Dukuh Tengah menunjukkan spanduk potensi Margasari sebagai penghasil batu alam
Spanduk potensi : Salah seorang perangkat Desa Dukuh Tengah menunjukkan spanduk potensi Margasari sebagai penghasil batu alam

MARGASARI HASILKAN BATU ALAM BERKUALITAS

Slawi – Kerajinan batu akik sempat menjadi primadona usaha beberapa waktu lalu. Hampir semua kalangan menggunakan cincin batu akik untuk perhiasan maupun identitas diri. Salah satu batu akik yang terkenal dari Kabupaten Tegal adalah Apiksung. Sebuah nama yang diberikan oleh Bupati Tegal Enthus Susmono untuk batu akik lokal Kabupaten Tegal, dan daerah penghasil batu alam berkualitas tersebut adalah Desa Dukuh Tengah, Kecamatan Margasari.

Kasi Perekonomian kecamatan Margasari, Eko Pramuji, beberapa hari lalu, mengatakan bahwa Kecamatan Margasari memiliki potensi industri kecil yang layak untuk dikembangkan. Potensi yang industri yang dimiliki antara lain industri makanan, industri kerajinan, industri bahan bangunan, termasuk industri pengolahan batu alam. “Kami berharap ada kerjasama yang sinergis antara kecamatan dengan dinas terkait terutama dinas perindag dalam hal pengembangan dan pembinaan industri kecil,” ungkapnya. Eko Pramuji yang dulu pernah bertugas di Dinas Perindag mengatakan bahwa potensi yang ingin terus dikembangkan di Kecamatan Margasari adalah kerajinan batu alam. “Akhir-akhir ini penjualan batu akik mengalami penurunan. Kami ingin melakukan diversifikasi produk dari batu alam seperti pembuatan meja, asbak dan lainnya,” ungkapnya lebih lanjut. Beliau juga berharap kerjasama terutama dengan penyuluh perindag untuk memberi informasi dan pembinaan terkait diversifikasi produk batu alam.
Salah satu perajin batu akik dan perangkat Desa Dukuh Tengah, Dasuki, mengatakan bahwa nama Apiksung merupakan nama pemberian dari bupati untuk produk batu akik dari Dukuh Tengah. Beliau juga mengatakan bahwa kualitas batu alam yang dihasilkan di daerah Dukuh Tengah masih lebih baik dari produk sejenis dari daerah lain di Jawa Tengah.
Dan yang menarik, lanjutnya, adalah daerah pengahasil bahan batu alam memiliki pemandangan yang sangat indah. ”Batu-batu itu di ambil di curug puteri, curug sembilan dan curug pelangi yang memiliki pemandangan yang sangat bagus. Hal ini bisa dikembangkan untuk menjadi obyek wisata. Selama ini sudah banyak yang berkunjung ke sana, namun sayang akses jalannya belum ada,” ujarnya. (Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

BACA JUGA

Menyepuh Cincin : Salah seorang pengrajin kemasan sedang menyepuh cincin sebagai emban batu akik

BANGKITKAN KERAJINAN PERAK DAN TEMBAGA

Slawi – Desa Prupuk Selatan merupakan desa yang terletak di ujung selatan Kabupaten Tegal dan ...

Leave a Reply