Wednesday , 13 December 2017
Produksi Konfeksi : Pekerja Konfeksi Sarsah jaya mengerjakan baju anak pesanan pelanggan
Produksi Konfeksi : Pekerja Konfeksi Sarsah jaya mengerjakan baju anak pesanan pelanggan

KONFEKSI HARJASARI SURADADI BERKEMBANG PESAT

Slawi – Desa Harjasari merupakan salah satu desa di Kecamatan Suradadi yang berjarak kurang lebih 15 Km dari Kecamatan Suradadi. Desa Harjasari berpenduduk sekitar 11 ribu jiwa. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani dan nelayan. Untuk industri, Desa Harjasari memiliki potensi industri kecil berupa konfeksi. Jumlah IKM konfeksi di Harjasari ada 11 unit usaha dengan tenaga kerja sekitar 118 orang.

Saryo, pemilik konfeksi Sarsah Jaya, mengatakan bahwa industri konfeksi mulai tumbuh di Harjasari empat tahun lalu. “Awalnya kami merintis usaha konfeksi ini dengan bermodal 3 mesin jahit, dan sekarang kami telah memiliki 15 mesin jahit dan 1 mesin obras.” ungkapnya. Kapasitas produksi yang dimiliki konfeksi Sarsah Jaya sekitar 3.000 potong tiap bulan. Hasil konfeksi dari Harjasari selama ini dipasarkan di Tanah Abang, Jakarta. “Selama ini untuk pemasaran lancar. Kami memperoleh order sekaligus bahan baku dan model dari Tanah abang. Untuk pengiriman produk jadi ke Tanah Abang juga ada travel khusus yang mengirim satu minggu sekali.” katanya lebih lanjut.
Mengenai kendala yang dihadapi oleh IKM konfeksi di Harjasari, Saryo mengatakan, selain modal IKM konfeksi di desanya memerlukan tambahan mesin jahit high speed dan bahan baku. “Kami memang ingin lebih mengembangkan usaha konfeksi di Harjasari. Selama ini bila kami kekurangan bahan baku seperti benang dan bila ada kerusakan mesin, kami harus pergi ke Tembok Banjaran,” katanya.
Untuk proses produksi Saryo merekrut karyawan dari lingkungan sekitar. “Untuk karyawan baru, kami kursus dulu selama tiga bulan setelah itu kami rekrut. Jam kerja kami mulai dari jam 8.00 sampai jam 17.00 dengan istirahat antara jam 12.00 – 13.00. Untuk upah karyawan disesuaikan dengan banyaknya pakaian yang dibuat. Untuk satu potong pakaian upah jahitnya Rp 2.400,00.” jelasnya. (Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

BACA JUGA

Spanduk potensi : Salah seorang perangkat Desa Dukuh Tengah menunjukkan spanduk potensi Margasari sebagai penghasil batu alam

MARGASARI HASILKAN BATU ALAM BERKUALITAS

Slawi – Kerajinan batu akik sempat menjadi primadona usaha beberapa waktu lalu. Hampir semua kalangan ...

Leave a Reply