Wednesday , 13 December 2017
Produksi Roda Gigi : Pemilik UD. Lancher Jaya menunjukkan produk roda gigi untuk komponen alat pertanian (traktor).
Produksi Roda Gigi : Pemilik UD. Lancher Jaya menunjukkan produk roda gigi untuk komponen alat pertanian (traktor).

IKM ADIWERNA PRODUKSI KOMPONEN TRAKTOR

Slawi – Kabupaten Tegal merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan julukan “Jepangnya Indonesia” karena banyaknya potensi industri khususnya industri logam dan mesin. Produk IKM logam dan mesin yang banyak beredar di pasaran adalah produk komponen otomotif, komponen perkapalan, komponen alat-alat berat, alat-alat pertanian maupun komponen alat pemadam.

Salah satu produsen komponen alat pertanian di Kabupaten Tegal adalah UD. Lancher Jaya yang terletak di Desa Lemahduwur, Kecamatan Adiwerna. “Perusahaan kami telah berdiri sejak tahun 1990-an, kami sekarang meneruskan usaha yang telah dirintis oleh orang tua kami.” ungkap Suwarjo pemilik UD. Lancher Jaya. Perusahaannya selama ini memproduksi komponen alat pertanian berupa roda gigi traktor dan roda gerobak ataupun order yang masuk ke perusahaan, ungkapnya.
Suwarjo yang merupakan mantan tenaga administrasi di SMP Penawaja Talang ini mengatakan bahwa kendala yang dihadapi selama ini adalah masalah pemasaran, dan permodalan. “Kami memang selama ini tergantung pada order yang masuk, sehingga kami ingin mempeluas pasar agar bila orderan berkurang kami dapat mengantisipasinya. Disamping itu, kami juga terkendala pada masalah permodalan untuk pengembangan usaha.” ungkapnya lebih lanjut. Dia juga mengungkapkan, selain order, produk-produk yang dihasilkan perusahaannya juga dipasarkan ke beberapa perusahaan assembling peralatan pertanian. Kapasitas produksi selama ini adalah sekitar 200 pcs per bulan.
“Selama ini kami kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Kelompok usaha kami memang pernah mendapatkan bantuan peralatan dari Dinas Perindag Kabupaten Tegal, kebetulan kami mendapatkan alat las. Tetapi kami masih mengharapkan mengharapkan bantuan pemerintah baik berupa bantuan peralatan, promosi produk melalui pameran maupun pembinaan dan pelatihan terutama yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan.” harap Suwarjo. (Amin Thoyib M/UPL)

About admin

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu menjadi mitra usaha rakyat kecil dan membangun bersama meningkatkan kualitas dan sumberdaya alam dan manusia.

BACA JUGA

Menyepuh Cincin : Salah seorang pengrajin kemasan sedang menyepuh cincin sebagai emban batu akik

BANGKITKAN KERAJINAN PERAK DAN TEMBAGA

Slawi – Desa Prupuk Selatan merupakan desa yang terletak di ujung selatan Kabupaten Tegal dan ...

Leave a Reply